Google+ Followers

Selasa, 20 Januari 2015

Proses Penciptaan Karya Sastra

   Tuhan telah memberikan kelebihan kepada seseorang untuk menciptakan sesuatu sesuai dengan kelebihan yang diberikan kepadanya. Salah satu kelebihan itu adalah menulis. Menulis adalah alat untuk menyampaikan ide atau gagasan melalui simbol atau huruf, dapat berupa nonimajinatif atau imajinatif. Menulis juga satu dari empat keterampilan dalam berbahasa. Dalam membuat karya sastra pencipta memerlukan sebuah proses penciptaan agar karya sastra tersebut semakin enak untuk dinikmati dan dibaca. Berikut adalah proses tersebut :
1. Daya cipta
    Daya cipta memegang peranan penting dalam menciptakan sebuah karya sastra. Untuk menciptakan karya sastra yang bagus dan menyentuh dibutuhkan daya imajinasi yang tinggi dan kuat. Seseorang yang berimajinasi kuat akan berkarya dan mencurahkan segala isi jiwanya untuk menciptakan karya sastra. Jadi, dalam menulis pun dibutuhkan daya imajinasi yang tinggi, agar pembaca juga dapat terbawa oleh suasana dalam bacaan.
2. Daya rasa
    Dalam daya rasa ini berkaitan dengan hati atau rasa atau juga perasaan. Semakin tajam perasaan dan kepekaan penulis terhadap hal yang ingin dituliskannya, maka tidak mungkin jika pembaca akan merasa bosan atau merasa kurang mendalami dalam membaca. Menulis yang dilakukan dengan sepenuh hati, pasti pembaca juga akan membacanya dengan sepenuh hati juga. Tak ada salahnya menulis dengan menggunakan perasaan atau hati, agar karya-karyanya semakin dinikmati.
3. Daya Karsa
    Daya karsa ini adalah penentu sebuah karya sastra itu tercipta atau tidak. Jika penulis mempunyai kehendak dan keinginan yang kuat dalam menciptakan sebuah karya sastra, maka karya sastra tersebut dapat tercipta. Dengan kata lain karsa itu adalah niat. Dan jika daya karsanya tidak ada maka mustahil bisa tercipta karya sastra. Jadi, kalau kita mau berkarya kumpulkan niat dulu ya, baru deh karya sastra bisa diciptakan.

   Kesimpulannya daya cipta, daya rasa, dan daya cipta itu satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan saling berpengaruh satu sama lain. Jika salah satu tidak dijalankan atau tidak terpenuhi, maka tidak mungkin karya sastra yang baik bisa terbentuk.

1 komentar:

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI