Google+ Followers

Selasa, 08 April 2014

Perilaku Orang Tua yang Bisa Merusak Anak Part.3

Sebelumnya...
Kesalahan No. 7
Kurangnya peran Ibu
Bayi dikatakan akan mengalami kekurangan pengasuhan ibu kalau mereka tidak mendapat stimulasi dari ibu akibat "terpisah". Bisa jadi karena ibi disibukkan oleh pekerjaan di luar rumah atau kurang menjalankan perannya sebagai ibu di rumah.

Bila seorang ibu hanya memberikan sedikit perhatian kepada anak dan menelantarkan serta menolaknua, maka anak akan sangat menderita. Para ibu yang menolak atau menghukum bayi atau anak mereka yang masih sangat kecil, bisa menyebabkan anak itu tegang, rewel, dan memilili tingkah laki negatif sejak usia dini.

Kalau kekurangan pengasuhan ibu itu terjadi sejak dini dan untuk jangka waktu yang panjang, maka dampak buruk yang terjadi mungkin tidak bisa dipulihkan lagi atau hanya bisa sebagian saja.
Jadi ibu-ibu yang sering meninggalkan bayinya karenalebih senang arisan atau melakukan kesibukan lain, atau ibu-ibu yang selalu membiarkan bayinya di boks atau tempat tidur bayi, sebaiknya waspada.

Kesalah
an No. 8
Teladan yang keliru dalam keluarga
Keluarga adalah satu kesatuan yang memiliki pengaruh sangat penting untuk menjadi pedomand dalam perkembangan kepribadian anak. Teladan yang keliru dalam keluarga akan menjadi sumber yang subur untuk perkembangan yang tidak sehat dan kesulitan atau ketidakmampuan menyesuaikan diri.
Hubungan orang tua yang tidak harmonis juga akan berdampak buruk.
Jadilah teladan yang baik demi perkembangan anak-anak.

Kesalahan No. 9

Tidak mampu berkomunikasi
Sebagai orang tua kebanyakan tidak memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bertanya. Padahal itu sangat diperlukan untuk perkembangan kepribadian anak.
Pola komunikasi yang merusak terjadi bila orang tua, karena adanya prasangka atau salah paham, membantah atau memandang dengan sebelah mata pernyataan atau kesimpulan anak, lalu membiarkan anak menjadi bingung dan merasa sebagai manusia tidak berharga.

Kesalahan No. 10

Trauma psikis di masa kanak-kanak
Trauma yang terjadi di usia dini memilili dampak yang lebih besar ketimbang yang terjadi di usia yang lebih besar, karena evaluasi kritis, refleksi dan pertahanan diri belum berkembang dengan baik pada masa kanak-kanak.

Maka dari itu, sebagai orang tua, menjaga anak agar tidak mengalami trauma pada anak.
Pertengkaran orang tua di hadapan anak juga bisa menyebabkan traumatis pada diri anak.

End

Sumber: Intisari
How to Shape Your Kids Better

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI