Google+ Followers

Kamis, 03 April 2014

Pendidikan Seks Dini Pada Anak 2

Jangan lupa baca yang pertama ya

Memberikan pengetahuan seks pada anak bukan berarti mengajarkan mereka beraktifitas seks. Itu dulu yang perlu diingat. Membicarakan seks atau mencari informasi yang benar tentang seks bukanlah dosa. Yang salah adalah apabila kita memakai seks untuk tujuan yang tidak baik dan melawan norma agama maupun nilai di masyarakat.

Dalam memberi pengetahuan tidak ada kata terlalu dini atau sudah terlambat. Kapan pun anak-anak bertanya, maka saat itulah mereka membutuhkan informasi yang benar, jujur dan bertanggung jawab. Yang perlu orang tua perhatikan hanya sesuaikan daya tangkap anak dengan usianya.

Misalnya, ada orang tua yang anaknya masih berusia enam tahun bertanya, "Apakah boleh anak laki-lakinya sering mandi bersama untuk pendidikan seksnya?"

Untuk anak laki-laki, identifikasi yang paling baik adalah dengan ayahnya, begitu pula sebaliknya. Tetapi, untuk anak usia enam tahun, maka sebenarnya jauh sebelum itu dia sudah melihat berbagai perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Sudah saatnya tidak lagi mandi bersama. Selain itu, informasi seks bisa diberikan lewat gambar tanpa harus melihat langsung yang sesungguhnya.

Sebenarnya banyak sekali pertanyaan tentang bagaimana memberi pengetahuan terhadap anak. Sebagai orang tua, masing-masing punya cara sendiri mendidik buah hati. Sebaiknya untuk urusan yang satu ini, kita sebagai orang tua jangan lagi beranggapan anak-anak belum waktunya tahu soal seks. Seks bukanlah tabu bila kita bisa menyampaikannya dengan baik. Terbuka pada anak, agar anak juga tak takut bertanya. Lebih berbahaya bila anak mencari tahu apa yang ada di benaknya pada tempat yang salah. Kebayang tidak, bila anak bertanya dan kita justru memarahinya? Ia pasti penasaran dan berusaha mencari tahu sendiri.

Jangan biarkan anak kita mendapat pengetahuan yang salah tentang seks, atau justru terjerumus dengan pemahaman yang tidak benar.

Yuk, mari duduk dan mulai bicarakan ini pada anak anda.

*gambar adalah buku Bagaimana Harus Memulainya?
Sebuah buku tanya jawab antara anak remaja & orangtua seputar seksualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI