Google+ Followers

Jumat, 28 Maret 2014

ODOK - TIngkah Laku Kiai Tasawuf

Tingkah laku kiai tasawuf

Oleh Agung Pribadi

Ada- ada aja tingkah kiai, apalagi kiai yang mendalami tasawuf. Ada kiai punya jawaban sama terhadap semua persoalan hidup.

Setiap ada yang konsultasi, menunggu nya lama berjam-jam, tiba-tiba kiai itu keluar menemui yang konsultasi dan memberikan batakg korek api.

Orang lagi bingung dengan masalah, ternyata jadi tambah bingung. Jawaban biasanya didapat di rumah. “Oooh maksudnya korek api buat ganjel mata malam hari, saya disuruh melek, tahajjud”

Ternyata memang benar, tahajjud itu salah satu jalan keluar dari masalah. Muhammad Al Fatih bisa menaklukkan Konstantinople, salah satunya karena sejak akil baligh tidak pernah meninggalkan tahajjud.

Ada kiai lain yang disebut aneh. Dia selalu makan yang tidak diinginkan. Ketika pengen sop dia makannya sayur asem. Ketika ingin lodeh, dia makannya capcay. “biar tidak dijajah hawa nafsu,” begitu katanya. Subhanallah.

Ada lagi Kiai Alhamdulillah. Dia selalu mengucap Alhamdulillah atas apapun yang terjadi. Bahkan yang orang awam anggap sebagai musibah, dia selalu mengucap Alhamdulillah. Subhanallah. Memang dalam tiap-tiap kejadian selalu ada yang bisa disyukuri.

Ada lagi kiai yang tidur selalu beralaskan rumput dan tikar. Adalagi kiai yang tidak makan garam, sambal, dan makhluk bernyawa.

Sebaliknya Badiuzzaman Said Nursi malah menganjurkan makan buah-buahan yang enak-enak, misalnya apel dan anggur kalau itu membuat kita jadi mengingat Allah dan Surga Allah. Apapun itu, itu adalah metode mendekatkan diri kepada Allah, berdasarkan ilmu warisan dari gurunya atau intuisinya. ADa baiknya mulaii kita pelajari sedkit demi sedikit. Wallahu A’lam Bish Shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI