Google+ Followers

Minggu, 23 Maret 2014

ODOK - Berbuat Yang Terbaik

Berbuat yang terbaik

Oleh: Agung Pribadi 

Allah memerintahkan kita berbuat yang terbaik. Ihsanul amal demikian bahasa AL Qur-annya yang berarti “kerja yang pr0fesional” atau “kerja yang perfect”. Umat Islam juga diperintahkan untuk “itqon” yang berarti melakukan upaya terbaik, sehingga di manapun kita ditugaskan akan terlihat bahwa tempat itu menjadi lebih baik.

Saya pernah ditugaskan di Rumah Baca Asma Nadia, Depok. Sebelumnya tidak ada aturan apa-apa dan tidak ada kategorisasi buku. Ketika ditugaskan di sana, saya membuat kategorisasi buku dan peraturan “Anak di bawah 5 tahun harus didampingi orang dewasa”.

Ketika ditugaskan di “Isa Publishing House” (cikal bakal “Asma Nadia Publishing House”), saya juga menjadi salah satu karyawan terbaik.

Ketika ditugaskan di divisi onine, saya bisa meningkatkan omset menjadi 5 kali lipat. Ketika saya ditugaskan menulis buku, saya melakukan upaya upaya terbaik. Menulis dan mengedit selama 3 tahun 8 bulan. Hasilnya Buku “Gara-Gara Indonesia” menjadi “National Best Seler”.

Ketika saya menjadi penulis freelance, saya bisa menulis dalam 1 atau 2 hari. Redaktur suka, karena bisa menepati deadline, sayapun menjadi penulis ban serep. Ketika ustad-ustad yang dimintai tulisan tidak bisa menepati deadline, saya yang menggantikan menulis. Ketika saya bertugas menjadi tim kreatif dan tim riset sejarah di Perusahaan Garin Nugroho (Sutradara Opera Jawa) saya juga menjadi periset sejarah terbaik, sehingga Mas Garin sering ingat saya.

Syekh Yusuf AL Makassari seperti itu. Ketika di Makassar ia berjihad di Makassar. Ketika di Banten ia menjadi pahlawan Banten. Ketika di AFrika Selatan ia menjadi pahlawan di AFrika Selatan. Sehingga ia menjadi salah satu dari sangat sedikit orang yang menjadi pahlawan nasional di 2 negara, Indonesia dan Afrika Selatan. Salah satu sebab Nelson Mandela ke mana-mana pakai batik karena bangga dengan Syekh Yusuf. (lihat buku Gara-Gara Indonesia, oleh Agung Pribadi, hal. 174-175)

Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan. (QSAt Taubah: 105)
Shadaqallahul Adziim. Wallahu A’lam bish Shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI