Google+ Followers

Rabu, 26 Maret 2014

Kenari, penghuni baru di rumah

Kemarin, suamiku tak hanya pulang membawa dua pasang sendal, tapi juga membawa empat burung kenari yang lucu-lucu.

Jadi di rumah, ketambahan lagi burung peliharaan, selain Cucak Ijo, Cendet, Lovebird, Rambatan.

Tuh lihat, lucu-lucu kan :D
Burung kenari adalah  salah satu burung kicau yang banyak dicari karena burung kenari ini memiliki suara yang bagus. Ada beberapa jenis kenari yang tersebar di berbagai negara dan di Indonesia  sendiri. Berikut ini adalah burung kenari yang banyak dilombakan untuk jenis suaranya seperti waterslagger, Spanish Timbrado, German Rollers,  dan American Singer. Dan ada juga kenari yang dilihat dari macam warnanya dan bentuk posturnya. Kenari memiliki banyak warna dan warnanya pun bervariasi dan cantik-cantik.

Sedangkan untuk memelihara burung ini sebenarnya tidak sulit caranya kurang lebih sama seperti merawat burung kicau yang lainya, yaitu harus merawat secara rutin dan konsisten.

Adapun cara merawat burung kenari yang baik adalah meliputi hal sebagai berikut:

Sangkar atau Kandang
Dalam memilih sangkar sebaiknya pilihlah sangkar yang berukuran yang lebar ( jangan membuat burung terasa tidak nyaman karena sangkar terasa kecil) , lakukan pembersihan sangkar atau kotoran yang menempel pada kandang secara rutin setiap hari.

Embunkan & Mandikan
Lakukan pengembunan pada pagi hari di jam 5 biasanya burung kicau pada mulai keluar dari sangkarnya ini bertujuan agar burung merasa di alam bebas yang setiap hari mulai keluar dari sangkarnya untuk mencari makan & setelah itu mandikan dengan semprotan yang yang lembut kemudian jemur pada pukul 7 sampai pukul 8. Lalu itu teduhkan  di tempat teduh yang banyak dilalui orang agar burung segera beradaptasi dengan lingkungan.  

Makanan
Berikan makan kenari secara rutin dan harus diganti setiap hari untuk jenis makanan yang berupa sayuran dan ganti pula air minum secara rutin.

Pemberian pakan tambahan seperti makanan hijau atau sayuran sangat baik untuk menjaga kondisi kenari agar tetap lincah dan Fit. berikan sayuran setidaknya tiga kali seminggu. pakan yang paling baik adalah yang masih berupa benih tetapi bisa juga diberikan selada, bayam, brokoli dsb. sebelum diberikan sebaiknya sayuran dibersihkan dahulu dengan air bersih untuk membersihkan pestisida yang masih menempel jika sayuran tersebut menggunakan pestisida untuk mengusir hama.

Jangan lupa juga menyertakan buah-buahan segar kedalam menu makannya setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu. berikan sepotong kecil jeruk atau apel, kenari sangat menyukai buah-buahan jenis apa saja kecuali alpukat. jaid sebaiknya hindari memberikan buah alpukat untuk burung anda. Bee pollen juga sangat bagus diberikan karena mengandung segudang vitamin dan mineral seperti halnya produk ganggang hijau yang disebut dengan Spirulina.  Yang jelas selama pemberian pakan tersebut hindari memberikan secara berlebihan , karena bisa membuat kenari menjadi cepat gemuk dan malas-malasan.

Kenari termasuk pemakan biji-bijian, gunakan merek yang bagus yang menggunakan campuran biji-bijian yang lengkap, untuk saat sekarang ini hampir semua merek komersial sudah sangat bagus dan berkualitas. apalagi sekarang juga sudah banyak yang memberikan burung kenari makanan yang berbentuk 'pelet' seperti voer selain dari makan biji-bijiannya.

Pengkrodongan
Pada sore hari burung ditaru di tempat yang luas atau di luar rumah , dan berikan makanan lagi yang lebih segar tentunya setalah burung di mandikan ( untuk sore hari boleh dimandikan boleh juga tidak) setelah menjelang malam burung di kerodong dan masukan rumah.

Lakukan semua itu secara rutin maka burung kenari anda akan menjadi burung yang pandai berkicau
Tambahan kalau siang sebaiknya berikan masteran pada burung dan sorenya juga.

Selamat mencoba. Yuuk pelihara burung :)


cara merawat kenari dari berbagai sumber :)

2 komentar:

  1. wah keluarga yang suka burung ya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak Helni, hehehe
      Penyayang burung dan sesama manusia hohoho :D

      Hapus

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI