Google+ Followers

Kamis, 13 Maret 2014

Bagaimana Menulis Kejadian Sehari-hari menjadi Luar Biasa?

Sejak bergabung di Komunitas Bisa Menulis, aku lebih dikenal sebagai penulis yang paling sering berkisah tentang kejadian sehari-hari. Dan sungguh senang, karena semakin banyak yang mengikuti jejakku.

Berbagi pengalaman dari sekeliling menjadi sebuah cerita, bukanlah hal yang sulit. Yang jadi soal adalah, mau atau tidak kita menuliskannya.

"Susah, Mbak. Gak bisa merangkai kata-kata."

Ah, bukan tak bisa, hanya tak berani bereksperimen. Coba bayangkan ketika menulis itu sama saja seperti ketika kita sedang bercerita secara lisan. Nah tuangkan itu dalam tulisan. Mudah saja kalau mau mencobanya.

"Mulainya dari mana?"

Terserah. Kalau aku, biasa memulai dari klimaks. Beberapa tulisanku dimulai dari dialog yang kuanggap sebagai kunci.

Misalnya seperti dalam catatan berikut ini

"Internetan bisa, Facebookan bisa, masa untuk begituan aja mesti sms Ayah sih?" Bibirku yang seksi ini makin monyong nyaris lima centi.

"Gak boleh emosian ah kalau pagi..." Suami memeluk pinggangku dari belakang. Tetap saja aku kesal. 

kisah itu bisa dilihat utuh dalam ketombe.

Nah, itu hanya kebiasaanku menuliskan kisah 'biasa-biasa' saja. Ketika klimaks dipaparkan, baru mulai runut, lanjarannya kenapa, bercerita seperti menulis diary atau curhat sama teman.

"Ah, bisa apa jadi luar biasa?"

Tentu saja. Ya walau tak semua, tapi beberapa kisah pendek yang kutulis alhamdulillah membekas di hati pembaca. Itu artinya aku berhasil :D. Meskipun ada saja yang mencibir aneh, "Ngapain sih cerita sepele gini ditulis."

Selama yang kita tulis bisa diambil pelajarannya kurasa itu baik. Bukan tidak mungkin apa yang kita bagi lewat tulisan mampu membuat orang lain berubah, atau menjadi inspirasi buat yang membaca.

"Hmm, oke deh, aku akan mencobanya, nanti."

Hei, kenapa nanti? Sekarang saja, ayo tuliskan kisahmu, pasti banyak yang bisa kau bagi buat mereka. Jatuh bangun perjalananmu, tentu ada hikmah yang bisa diambil kan?

So, tunggu apalagi? Ayo menulis!

3 komentar:

  1. Iya mbak, cerita sehari-hari juga bisa jadi bahan menarik untuk menulis, tinggal gimana caranya kita mengolahnya aja supaya enak dibaca :)

    BalasHapus
  2. Bener Mbak, banyak banget inspirasi beterbangan setiap hari, hanya saja tidak semua mampu menangkapnya, terlebih sampai mengabadikan dalam bentuk tulisan. Salam kenal Mbak ;)

    BalasHapus

PUBLIKASIKAN KARYAMU DI LOVRINZ!

BERSAMA LOVRINZ KARYA ANDA NYATA DALAM GENGGAMAN

JADILAH ABADI